«

»

Feb 06

Persiapan Akreditasi Laboratorium

Akreditasi laboratorium merupakan pengakuan formal terhadap suatu laboratorium untuk melakukan kegiatan pengujian dan atau kalibrasi. Akreditasi dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang mengacu ke SNI 19-17025-2008 dimana memuat klausal mengenai persyaratan manajemen dan persyaratan teknis. Untuk mendapatkan akreditasi, kedua persyaratan tersebut harus benar-benar disusun, direkam, disosialisasikan, dimengerti serta dilaksanakan dalam kegiatan sehari – hari laboratorium.

 

Persiapan Manajemen

Langkah awal untuk mempersiapkan manejemen dimulai dari pembuatan kebijakan mutu dan sistem mutu laboratorium berdasarkan pedoman/persyaratan SNI 19-17025-2008 . Dokumen tersebut terdiri dari Dokumen Panduan Mutu (PM), Prosedure Sistem Mutu (PSM), Instruksi Kerja (IK) baik alat maupun metode, dan formulir / rekaman ( mutu,teknis dan administrasi ).

Persiapan Teknis

Persiapan teknis disusun berdasarkan beberapa faktor yang berkaitan dengan persyaratan teknis diantaranya personil, kondisi lingkungan, metode dan validasi/verifikasi pengujian, peralatan, ketelusuran pengukuran, ketidakpastian pengukuran, persiapan dan penanganan contoh yang diuji.

Personil yang bekerja dilaboratorium ditentukan berdasarkan pendidikan, pengalaman yang sesuai dan ketrampilan yang dimiliki. Adapun rincian tugas personil harus sudah direkam pada PSM dan IK. Untuk mengembangkan kemampuan personil perlu diatur jadwal pelatihan yang diperlukan. Pelatihan harus dilakukan secara periodik, untuk mengembangkan pengetahuan masing-masing personil sesuai dengan kemajuan teknologi masa kini.

Lingkungan dan kondisi laboratorium harus ditata/diatur sebaik mungkin agar setiap ruangan mempunyai fungsi yang jelas. Laboratorium harus dilengkapi dengan sarana air bersih, penerangan dan sirkulasi udara yang balk. Apabila kondisi ruangan dapat mempengaruhi hasil pengujian seperti suhu, kelembaban maka kondisi tersebut secara rutin harus dipantau, direkam dan didokumentasikan. Ruangan laboratorium hanya boleh dimasuki oleh personil laboratorium dan pihak yang berkepentingan.

Intruksi kerja metode yang telah didokumentasikan pada IK harus selalu berada disetiap ruangan sesuai dengan parameter yang diuji. Validasi metoda dilakukan apabila laboratorium melakukan pengembangan metoda dan hasil validasi harus direkam dan didokumentasikan.

Peralatan yang digunakan harus terkalibrasi. Dokumen spesifikasi alat dan IK ditempatkan sesuai dengan peralatan. Untuk memantau penggunaan dan kondisi alat harus dibuat buku log dengan rincian waktu, lama pemakaian, keterangan dan nama/paraf pemakai. Label kalibrasi alat ditempatkan sesuai dengan peralatan yang dikalibrasi. Adapun sertifikat kalibrasi didokumentasikan dan diarsipkan untuk memantau saat penjadwalan kalibrasi berikutnya.

Untuk mendapatkan hasil uji yang akurat maka perhitungan hasil analisis perlu diikuti perhitungan ketidak pastian pengukuran.

Persiapan contoh yang masuk ke laboratorium mengikuti alur yang disesuaikan dengan penanganan formulir. Contoh yang akan diindentifikasi harus dibagi dua yang satu di simpan sebagai reference dalam lemari es, dan yang lainnya  sebagai contoh uji untuk dianalisis.

Mutu hasil pengujian di laboratorium dipantau dengan mengikuti program uji profisiensi atau uji banding laboratorium atau dengan pengujian CRM.

Hasil pengujian direkam dalam bentuk Sertifikat Hasil Uji dan dalam bentuk elektronik . Copy Sertifikat Hasil uji disimpan untuk kurun waktu tertentu yaitu tiga tahun .

Pengujian Sistem Manajemen Laboratorium

Setelah semua dokumen mutu dan persiapan teknis disiapkan, langkah selanjutnya adalah menjalankan sistem laboratorium tersebut selama minimal 3 (tiga) bulan, kemudian melakukan audit internal yang tentunya dilakukan oleh auditor internal yang kompeten dan melakukan tinjauan manajemen.

Pendaftaran ke KAN

Langkah terakhir setelah semua persiapan dilakukan adalah melakukan pendaftaran ke KAN dan melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan dan tentunya biaya yang harus dibayarkan. selanjutnya tinggal menuunggu konfirmasi dari KAN untuk kelengkapan berkas dan jadwal Audit.

1 comment

  1. hayroka wallpaper

    thanks for your sharing ilmunya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>