«

»

Jun 05

Identifikasi Limbah B3

Definisi Limbah B3

Menurut Peraturan pemerintah No. 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3, Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3).

Identifikasi Limbah B3

Sebelum melakukan pengelolaan limbah B3 lebih lanjut,  langkah pertama yang harus dilakukan adalah identifikasi limbah B3. Langkah ini untuk menentukan ada berapa jenis limbah B3 yang kita hasilkan yang mana kita sebagai penghasil wajib melakukan pengelolaan terhadap limbah B3 yg kita hasilkan tersebut dan untuk menghindari adanya limbah B3 yang tidak terkelola karena tidak ada dalam list (daftar) limbah B3 yang kita hasilkan.

Identifikasi limbah B3 dapat dilakukan dengan cara :

 

Aplikasi di lapangan, identifikasi limbah B3 dapat dilakukan dengan membuat form yang terdiri dari :

  1. Nama limbah B3
  2. Karakteristik limbah B3
  3. Sumber penghasil limbah B3 (departemen/bagian)
  4. Pengelolaan (misal oli bekas dikirim ke pemanfaat oli bekas berijin, bisa dengan menyebutkan nama perusahaan pemanfaatnya, dll)
  5. Keterangan

Jadi dengan membuat form identifikasi limbah B3, secara tidak langsung kita telah memiliki list atau daftar limbah B3 yang kita hasilkan sehingga tidak ada limbah B3 yang tidak terkelola nantinya. Adapun apabila ada limbah yang diduga termasuk limbah B3 namun tidak ada di lampiran PP No. 101 tahun 2014, maka lakukan saja langkah-langkah di atas sampai uji TCLP atau toksikologi.

Demikian tulisan saya tentang identifikasi limbah B3 ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>